Ujian Skripsi

Assalamualaikum wr. wb..

Hari Jumat, 8 Juni 2012 tentu akan menjadi sebuah sejarah penting dalam hidupku. Di hari itulah, aku akan menghadapi ujian skripsi. Rasa tak nyaman sudah menggaung hebat di pikiranku sejak sehari sebelumnya. Sripsi yang kukerjakan sejak pertengahan 2010 itupun akhirnya harus dipertanggungjawabkan di depan dewan penguji. Tapi saya yakin, dewan penguji juga manusia, yang tentu akan memiliki belas kasih kepada mahasiswa2nya. Sejak hari senin, saya sudah men-sms para dewan penguji. Ada yang membalas dengan baik, ada pula yang mengacuhkan begitu saja😦 Hari kamis pun tiba. Saya ingat, saya belum membuat power point untuk maju presentasi. Rencana slide power point kubuat kamis siangnya, eh ternyata ada kepentingan keluarga, jadi terpaksa kutunda malam jumatnya😥

Kamis siang hape ku berdering… rupanya ada sms masuk yang berisi tentang rapat untuk menjadi saksi TPS untuk pemilihan lurah desa. Kubalas saja bisa, tanpa menghiraukan bahwa esok aku harus ujian skripsi… Malam harinya, aku dan temanku (boncengan) datang ke lokasi rapat. telat sekitar 30 menit sampai lokasi tujuan, tapi ternyata……………. rapatnya belum dimulai euyy. tanya sana tanya sini ternyata di kampung teersebut ada tetangga yang meninggal dunia…. jadi rapat agak molor (biasanya juga molor)… Mungkin nanti acaranya dimulai jam 22.00/23.00 mas…. Whatttttt???? dalam hatiku… Setelah berembug dengan teman, akhirnya kuputuskan untuk tidak jadi mengikuti rapat itu.. males nunggu, ngantuk, besok ujian, hihihih…. Akhirnya aku dan temanku pulang… Sesampai di rumah, ternayta masih banyak teman-teman yang main badminton… Duh jadi pengen main juga nihhh… Lihat sebentar sekitar 15′ akhirnya aku putuskan untuk pulang saja… tidur… Karena sudah capek dan jam sudah mennujukkan angka 23.00, akhirnya kuputuskan untuk pergi ke alam mimpi.. tak luapa alarm kustel jam 02.30. Kalau terlambat bisa berabe, hixxx…

Tepat pukul 02.30 aku bangun… langsung nyalain laptop dan buat power point… Terlena dengan slide demi slide power point, membuatku tak sadar jika waktu sudah semakin siang… Sholat, makan, mandi dan persiapan untuk ke sekolah pun harus berjalan seperti biasa.. Pukul 07.00 aku sudah smapai di tempat kerja.. Alhamdulillahhari jumat saya tidak ada jam mengajar sama sekali, karena kelas vi sudah UN dan tinggal menunggu pengumuman… Acara latihan drama musikal laskar pelangi pun ssaya ubah jadwalnya sabtu besoknya… jadi di sekolah bisa buat menyelesaikan slide power point tadi yang belum sempurna…. Saat asyik mikir (weleh2), tiba-tiba penguji utama menelepon hapeku… Ada apa ini, perasaanku sudah tidak enak… Akhirnya beliau kutelepon balik… Terdengar suara beliau dari jauh yang meminta ujian skripsi diajukan menjadi jam 10-11.00… karena beliau ingin pergi ke Semarang…Hadeww…walaupun agak berat, tapi harus kusanggupi  agar semau cepat berlalu… Dengan waktu yang singkat, saya mengajak anak-anak kelas VI untuk melihat presentasi skripsi saya di depan mereka…. Ternyata estimasi waktu presentasi saya melebihi waktu yang presentasi ujian skripsi yang 10 menit itu… Diulang sekali lagi tetap saja lebih… Ya sudahlah… tak lupa ucapan terima kasih dan minta doa kepada anak-anak agar bapak gurunya ini segera dapat gelar sarjana, xixixixi…

Jarak ke kampus-tempat kerja sekitar 30 Km… Jarak yang jauh memang, apalagi sya harus pulang dulu berganti pakaian… Baju hitam putih lengan panjang  berdasi membuatku merasa ganteng, xixixix… tapi sayang baju putihnya belum disetrika… Secepat kilat, baju putih itu kusetrika… baju itu sudah 3 bulanan dipinjam g dikembalikan, hiixxx.. apalagi harus aku sendira yang mengambilll… oh kejamnya tetanggakauuuu itu, hehehehe…

Setelah rapi segera meluncur ke kampus… kira-kira pukul 10.40 saya sudah mencapai kampus. Langsung menuju ke gedung LPPMP UNY dan masuk ruangan kantor. Tanpa basa-basi pak Pak Zuhdan (penguji utama) langsung memberi pertanyaan.. Sebagian besar yang ditanyakan bukan hal-hal yang berbau teoritis, tapi proses yang sudah dilalui. Alhamdulillah,, saya bisa menjawab semua pertanyaan dengan lancar… lega deh… Setelah selesai ujian dengan penguji utama, saya segera bersiap sholat Jumat karena waktu sudah menunjukka jam 11.30an… Langsung sholat di maskam…

Pukul 12.50, saya segera menuju ruang ujian. Diantar mas budi (yang ternyata logatnya agak ngapak,😀 … lucu jadiny) ke ruang ujian.  Sekitar seperempat jam kemudian, pak ketua penguji yang tak lain adalah dosen pembimbing skripsi saya Bpk. H. Sujati, M. Pd tiba di ruang ujian, disusul ibu sekretaris penguji Ibu April… Nampaknya bu April masih capek setelah turun dari Kaliurang… Ternyata saya juga langsung diberi pertanyaan oleh Bu April karena dikira sudah presentasi… padahal belum… Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan cukup lancar saya jawab kecuali yang berkaitan dg validitas dan realibilitas.. Kujawab saja dengan jujur bahwa validtas dan realibilitas instrumen dikerjakan oleh teman saya (rental komputer)😀..Pukul 13.30 an ujian sudah selesai, saya disuruh menunggu di luar untuk menunggu hasilnya…. Dan alhamdulillah saya dinyatakan lulus…. dapat nilai A-    …………….Alhamdulilllah.. End..

Wass

Leave a Reply

